Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Perkuat Ukhuwah Islamiah, Tim Safari Ramadhan MAN Alor Gelar Dakwah Keliling - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Perkuat Ukhuwah Islamiah, Tim Safari Ramadhan MAN Alor Gelar Dakwah Keliling

Dok. Safari Ramadhan MAN Alor

MAN Alor (Humas) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor kembali menggelar kegiatan Safari Ramadhan 1445 Hijriah, sejak Minggu (17/3/2024) kemarin di Masjid At-Taqwa, Desa Wahing, Kecamatan Alor Barat Laut. Dalam pelaksanaannya, kegiatan safari Ramadhan kali ini akan menyasar 11 masjid yang berada di Kecamatan Alor Barat Laut dan 1 masjid di wilayah Kecamatan Teluk Mutiara hingga Sabtu (30/3/2024) mendatang.

Koordinator Tim Safari Ramadhan MAN Alor, Ahmad Karim mengatakan bahwa tujuan agenda Safari Ramadhan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan ukhuwah islamiah antara keluarga besar MAN Alor dan masyarakat.

"Jadi kami melakukan Safari Ramadhan ini terutama dalam rangka menjalin silaturahmi antara guru-guru dengan masyarakat setempat, juga silaturahmi kepada para orang tua siswa, kemudian tokoh masyarakat, tokoh adat dan terkhusus untuk siswa-siswa kita baik itu yang masih aktif maupun alumni yang kebetulan desanya menjadi tempat kunjungan kami. Hal ini karena selama di sekolah kan kita sibuk dengan kegiatan belajar mengajar dan sulit sekali bertemu langsung juga berhubungan dengan orang tua siswa maka dengan momentum ramadhan ini, kesempatan buat kita untuk menjalin silaturahmi,” jelas Ahmad.

Baca Juga: Meski Puasa Ramadhan, 354 Siswa MAN Alor Tetap Ikuti Asesmen Madrasah 2024 dengan Penuh Semangat

Ahmad Karim menambahkan, tujuan Safari Ramadhan ini juga dalam rangka menyampaikan dakwah islamiah, dan program-program keterampilan yang ada di MAN Alor sehingga masyarakat bisa menjadikan MAN Alor sebagai referensi untuk menyekolahkan anaknya.

“Tujuan lain dari safari Ramadhan ini adalah karena MAN Alor sebagai sekolah agama maka tugas dan tanggung jawab untuk menyampaikan dakwah islamiah yaitu fastabiqul khairat tidak terlepas dari peran madrasah meskipun kami bukan lembaga dakwah. Kemudian tidak kalah penting juga, tujuan lain diadakan safari ini adalah untuk menyampaikan informasi dan program-program baru yang setiap tahun ada di MAN Alor. Hal itu kita sampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu bahwa ternyata di sekolah MAN itu ada banyak program-program yang ditawarkan sehingga masyarakat bisa menyekolahkan anaknya di MAN Alor ini sebagai sekolah tujuan. Masyarakat perlu tahu juga bahwa di MAN Alor ini ada banyak program keterampilan untuk siswa seperti menjahit, robotik, dan program lainnya, semua program ini disiapkan dalam rangka memberikan life skill atau keterampilan hidup bagi siswa jika mereka telah lulus dari madrasah ini,” tandas Ahmad.

Baca Juga: Heboh! Ujian Praktik Seni Budaya MAN Alor Gemparkan Masyarakat Kota Kalabahi

Untuk diketahui, program Safari Ramadahan ini adalah program rutin tahunan yang digelar oleh MAN Alor dalam menyemarakkan Bulan Ramadhan. Bentuk kegiatannya adalah dakwah dan tarawih keliling dengan tujuan menyiarkan pesan-pesan keislaman yang rahmatan lil alamin serta merajut silaturahmi yang harmoni antara madrasah dan masyarakat.

Informasi yang dihimpun, pelaksanaan perdana kegiatan Safari Ramadhan pada Minggu (17/3/2024) kemarin yang telah sukses digelar di Masjid At-Taqwa, Desa Wahing, Kecamatan Alor Barat Laut mendapat respon yang positif dari masyarakat setempat. Kedatangan rombongan yang juga didampingi Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis ini disambut hangat dan penuh antusias oleh pengurus takmir, jamaah, dan tokoh masyarakat.

Selanjutnya pada hari kedua, Senin (18/3/2024), rombongan Tim Safari Ramadhan mendatangi Masjid Al-Khaira dan Al-Barkah MBR yang berada di Sebanjar, Kecamatan Alor Barat Laut. Pelaksanaannya juga berjalan sukses dan mendapat respon yang positif dari masyarakat. Informasi selanjutnya, kegiatan safari Ramadhan ini akan terus dilangsungkan di beberapa masjid yang berada di wilayah kecamatan Alor Barat Laut dan akan berakhir di Masjid Al-Anshor Karkameng, salah satu masjid yang terletak di wilayah Kecamatan Teluk Mutiara pada Sabtu (30/3/2024) mendatang.

Simak Video di Bawah Ini:

"Kuliah Ramadhan | Allah Memudahkan Hamba-Nya dan Tidak Mempersulit"



Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.