Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

MAN Alor Sukses Gelar Ujian Praktik PJOK, Hadi Kammis: Ini Adalah Asesmen Awal Dari Seluruh Rangkaian Asesmen Madrasah 2024 - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

MAN Alor Sukses Gelar Ujian Praktik PJOK, Hadi Kammis: Ini Adalah Asesmen Awal Dari Seluruh Rangkaian Asesmen Madrasah 2024

Dok. Ujian Praktik PJOK MAN Alor

MAN Alor (Humas) –
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor sukses menggelar Asesmen Madrasah (AM) hari pertama dalam bentuk ujian praktik Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) bagi peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan asesmen ini berlangsung di halaman madrasah, Senin (4/3/2024).

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis mengatakan bahwa ujian praktik merupakan salah satu persyaratan kelulusan yang harus dilalui peserta didik kelas XII sehingga ujian praktik PJOK pada hari ini adalah asesmen awal dari seluruh rangkaian proses Asesmen Madrasah pada tahun ini.

“Tujuan Asesmen Madrasah ini adalah dalam rangka mengukur capaian kompetensi siswa pada akhir jenjang pendidikan. Asesmen ini juga menguji seluruh mata pelajaran yang diajarkan. Kalau di MAN Alor ini kan termasuk MAN keterampilan, sehingga disitu ada pelajaran normatif dan adaptif yaitu pelajaran agama dan pelajaran umum, termasuk mata pelajaran praktik PJOK, prakarya, seni budaya, elektronika, dan multimedia,” ujar Hadi.

Baca Juga: Ukur Profesionalitas Guru, Kemenag Segera Lakukan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah

“Kemudian yang kedua, di MAN Alor juga ada mata pelajaran peminatan dan produktif. Peminatan itu yah biologi, fisika, kimia, sosiologi dan lain sebagainya. Kemudian kalau mata pelajaran produktifnya yaitu elektronika dan multimedia, sehingga ujian praktik itu termasuk bagian dari asesmen, hanya saja jadwalnya terpisah. Bisa kita buat asesmen praktiknya lebih dahulu baru kemudian ujian tulis ataupun sebaliknya, tetapi kita dahulukan yang praktik,” tutur Hadi lebih lanjut.

Selanjutnya, Hadi menjelaskan bahwa pelaksanaan Asesmen Madrasah pada tahun ini mengacu pada Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 723 tahun 2024 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggarakan Asesmen Madrasah Tahun Ajaran 2023/2024.

Salah satu persyaratan siswa bisa mengikuti ujian akhir ialah ia menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelajaran. Asesmen Madrasah ini juga mengacu pada surat keputusan Dirjen Pendis sehingga asesmen ini dilakukan untuk seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan. Kemudian, bentuk soal asesmen terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan benar salah. Persiapan asesmen di MAN Alor ini telah dilakukan beberapa  minggu sebelumnya mulai dari rapat dewan guru, menyusun jadwal, menyusun kisi-kisi, dan pembuatan soal,” jelas Hadi.

Baca Juga: Kemenag Dorong Penguatan ICT dan Etika Komunikasi Digital pada Pendidikan Keagamaan

Sementara itu, Guru PJOK MAN Alor, Kadarusman Noor mengatakan bahwa ujian praktik PJOK hari ini dalam bentuk senam lima budaya kerja yang mana menurutnya senam ini merupakan senam khas dari Kementerian Agama (Kemenag).

“Tujuan senam adalah untuk melatih mental kita agar kesehatan kita selalu terjaga. Dan ini yang kita laksanakan dan kita ujikan kepada para siswa karena senam lima budaya kerja ini juga rutin kita lakukan di madrasah. Kemudian, senam lima budaya kerja ini kan juga senam yang mewarisi nilai-nilai budaya kerja Kementerian Agama yang terdiri atas lima kata, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan sehingga senam ini harus dipahami seluruh keluarga besar MAN Alor,” pungkas Kadarusman yang juga Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas.

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi di MAN Alor, Kapolres Alor Beri Himbauan Tertib Berlalu Lintas dan Pemilu Damai

Untuk diketahui, Asesmen Madrasah tahun ini diikuti oleh 354 peserta didik yang sudah terdaftar di Pangkalan Data Ujian Madarasah (PDUM).

Berikut ini tanggal-tanggal penting pelaksanaan Asesmen Madrasah di MAN Alor:

Tanggal 4-8 Maret 2024: Asesmen Praktik untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan (PJOK), Seni Budaya, Prakarya dan Kewirausahaan, Elektronika serta Multimedia.

Tanggal 13-21 Maret 2024: Asesmen Madrasah Tertulis untuk semua mata pelajaran kecuali Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Seni Budaya, Prakarya dan Kewirausahaan, Elektronika serta Multimedia.

Dengan pelaksanaan Asesmen Madrasah ini juga, para peserta didik kelas X dan XI diliburkan dan melakukan proses pembelajaran dari rumah lewat website mata pelajaran yang disediakan madrasah. Para siswa kelas X dan XI mulai melakukan proses pembelajaran dari rumah terhitung mulai tanggal 2-22 Maret 2024 dan masuk kembali ke madrasah untuk melaksanakan proses pembelajaran sebagaimana mestinya tanggal 23 Maret 2024.

Simak Video di Bawah Ini:

"MAN Alor Podcast | Bincang Santai Terkait Program Keterampilan Tata Busana MAN Alor"



Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.