Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

MAN Alor Sukses Gelar Rapat Kerja Penyusunan EDM dan RKAM TP. 2023/2024 - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

MAN Alor Sukses Gelar Rapat Kerja Penyusunan EDM dan RKAM TP. 2023/2024

Dok. Rapat Kerja EDM dan RKAM

MAN Alor (Humas) -
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor sukses menggelar kegiatan Rapat Kerja Penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM) Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan yang melibatkan seluruh guru dan pegawai MAN Alor ini telah dihelat sejak Jumat (5/4/2024) hingga Sabtu (6/4/2024) kemarin.

Berlangsung di ruang koperasi MAN Alor, kegiatan ini berjalan secara khidmat dan tertib hingga akhir. Adapun tema dalam kegiatan ini adalah "Penguatan Inovasi, Sinergi dan Produktivitas Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi".

Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis saat ditemui mengatakan bahwa pelaksanaan EDM merupakan salah satu upaya untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan mutu madrasah secara berkelanjutan agar perkembangan madrasah tetap terjaga ke arah yang lebih baik.

“Jadi kan ada dua kegiatan yang sudah kita lakukan yaitu penyusunan evaluasi diri, ada evaluasi diri guru dan ada evaluasi diri madrasah. Jadi tujuan kita lakukan evaluasi diri guru ini adalah untuk guru-guru mengidentifikasi kekurangan-kekurangannya, kemudian dari kekurangan itu dia mau buat apa? Baik mau belajar kelompok, belajar mandiri atau belajar dalam tim MGMP. Jika tidak, maka akan dikembalikan ke madrasah untuk madrasah buatkan satu kegiatan untuk mengevaluasi diri guru,” jelas Hadi.

Baca Juga: Plt. Kakankemenag Alor Buka Secara Resmi Kegiatan MGMP di MAN Alor

Hadi menambahkan, terkait penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) tahun ini agak sedikit berbebeda dengan tahun sebelumnya, karena jika tahun sebelumnya hanya dikerjakan oleh para Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) maka tahun ini disusun secara bersama oleh seluruh guru dan pegawai MAN Alor yang terbagi dalam beberapa tim. Tim yang terbentuk dibagi berdasarkan 8 standar EDM, dan tugasnya adalah mengidentifikasi kekurangan-kekurangan yang ada di madrasah.

“Jadi kan ada 8 standar EDM yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan serta standar penilaian pendidikan. Jadi para guru dan pegawai akan terbagi dalam 8 tim itu untuk menganalisis kekurangan dalam setiap standar itu lalu mereka juga rumuskan rekomendasi untuk perbaikan ke depannya,” tutur Hadi.

Baca Juga: Siapkan Generasi Unggul dan Berakhlak, MAN Alor Gelar Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan bahwa setelah penyusunan EDM dan RKAM ini rampung maka akan ada proses finalisasi rencana kerja tahunan untuk dianggarkan pada tahun 2025.

“Dari kekurangan-kekurangan yang telah dianalisis tim maka kita akan susun kembali dalam rencana kerja tahunan untuk kita anggarkan. Contoh misalnya di standar sarana dan prasaran kita masih kekurangan gedung belajar berarti ini menjadi kekurangan sehingga ini kita analisis nanti untuk kebutuhan tahun 2025. Jadi ketika semua analisis 8 standar EDM sudah rampung maka kita mulai finalisasi dan ajukan di bulan mei nanti,” pungkas Hadi.

Untuk diketahui, Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM,  madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.