Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Membanggakan! Siswa MAN Alor Raih Penghargaan Duta Siswa Kreatif Utama Dalam Ajang Duta Siswa Indonesia 2024 - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Membanggakan! Siswa MAN Alor Raih Penghargaan Duta Siswa Kreatif Utama Dalam Ajang Duta Siswa Indonesia 2024

Dok. Duta Siswa Indonesia, Lu'luatun Khasanah Sara
MAN Alor (Humas) - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor, Lu’luatun Khasanah Sara berhasil meraih Juara Gelar Duta Kreatif Utama 2024 pada ajang pemilihan Duta Siswa Indonesia Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Aula Raja Inal Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan, Senin (22/1/2024).

Menanggapi prestasi yang diraih siswanya dalam ajang perlombaan nasional, Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis mengatakan bahwa prestasi ini patut diapresiasi dan dibanggakan karena telah berhasil mengharumkan nama madrasah dan daerah di kancah nasional.

“Apa yang diraih anak kami ini adalah hasil kerja tim, baik itu dari guru pembimbing, orang tua, dan dukungan dari seluruh keluarga besar madrasah serta dukungan dari bidang Pendidikan Islam Provinsi NTT,” tutur Hadi.

Baca Juga: Kemenag Buka Seleksi 37 Madrasah Ungulan se Indonesia

Hadi menjelaskan, prestasi yang diraih Lu’luatun Khasanah Sara dalam Duta Siswa Indonesia dengan predikat Duta Siswa Kreatif Utama ini adalah sebuah jawaban sekaligus bukti bahwa program madrasah plus keterampilan telah  memberikan hasil nyata di kancah nasional.

“Duta Siswa Indonesia ini kan ada beberapa kategori, ada gelar duta kreatif utama, duta kreatif madya, dan duta kreatif muda, jadi ada tiga gelar itu. Dan Alhamdulillah kita raih gelarnya duta kreatif utama, jadi bisa kita katakan kalau juara satu bidang kreatifitas anak yah dia ada disitu untuk kancah nasional. Dan ini adalah prestasi yang luar biasa untuk anak kita dari daerah pinggiran. Perlu diketahui juga, satu keunggulan lain dari Lu’luatun adalah busana yang ia pakai adalah hasil karyanya sendiri, hasil jahitannya sendiri dari program menjahit di madrasah,” jelas Hadi.

Hadi menambahkan, dalam menyiapkan anak-anak yang berprestasi baik itu di bidang akademik maupun non akademik tentunya dibutuhkan kolaborasi yang baik dari semua pihak.

“Kegiatan-kegiatan positif yang menunjang potensi anak akan kami dukung dan lanjut terus serta tentunya mengharapkan dukungan dari orang tua. Terkadang anak punya potensi, madrasah siap mendukung dan membimbing tetapi dukungan dari orang tuanya kurang, nah sehingga harapannya dukungan dan kolaborasi antara semua pihak tetap kita bina dan bangun untuk terus mendukung prestasi anak-anak kita di madrasah,” ujar Hadi.

Baca Juga: Kanwil Kemenag NTT Laksanakan Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Bimtek E-Kinerja

Lebih lanjut, Hadi mengungkapkan bahwa dalam proses pendidikan di madrasah, anak-anak tidak hanya diajarkan kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional sehingga ketika anak-anak mengikuti sebuah perlombaan, mereka telah memiliki mental dan kematangan emosional yang baik.

“Kami di madrasah tidak hanya menyiapkan anak berpikir kecerdasan intelektual saja tapi kecerdasan emosional ini juga penting karena tampil di hadapan banyak orang sekitar 130 sekian orang di Medan yang merupakan tempat baru bagi si anak tentunya butuh kematangan emosional dan itu merupakan salah satu tugas lembaga dalam mendidik anak,” tutup Hadi.

Baca Juga: Pimpin Apel Peringatan HAB Ke-78, Pj Bupati Alor Minta ASN Kemenag Alor Jaga Netralitas di Tahun Politik

Sebagai informasi, Grand Final Duta Siswa Indonesia 2024 Tingkat Nasional yang dihelat di Medan, Sumatera Utara ini telah berlangsung sejak tanggal 18-22 Januari 2024 dan mengangkat tema "Siswa Merdeka Belajar Siap Mewujudkan Indonesia Emas 2045". Ajang bergengsi ini diikuti oleh siswa SMA/MA dari berbagai daerah di Indonesia. Duta Siswa Indonesia ini juga merupakan sebuah program yang digagas  oleh Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa yang bertujuan sebagai wadah bagi siswa seluruh Indonesia untuk belajar, berdialog, bertukar ide dan solusi dalam mengembangkan skill dan kreatifitas sehingga terlahir siswa generasi emas Indonesia.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.