Selamat Datang di Website MAN Alor | Madrasah Plus Keterampilan - Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Kunjungi MAN Alor, Unimor Gelar Sosialisasi SNPMB 2024 - MAN ALOR

Header Ads



Info Terkini

Kunjungi MAN Alor, Unimor Gelar Sosialisasi SNPMB 2024

Dok. Sosialisasi SNPMB 2024















MAN Alor (Humas) – Tim Sosialisasi dan Promosi Universitas Timor (Unimor) mengadakan kegiatan sosialiasi tentang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024 di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor, Senin (5/2/2024).

Dosen Pendidikan Matematika Unimor, Dr. Aloisius Loka Son mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan program tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan kampus Unimor sekaligus memberikan informasi kepada siswa kelas XII yang akan lulus dan melanjutkan studi.

“Kegiatan sosialisasi ini kami adakan di beberapa kabupaten yang ada di Pulau Sumba, Flores, dan Alor termasuk salah satunya. Kegiatan ini kami lakukan agar anak-anak di NTT bisa masuk PTN, khususnya lagi di Unimor,” ucap Aloisius.

Baca Juga: MAN Alor Adakan Pendampingan Khusus Pengisian e-Kinerja Guru dan Pegawai

Alosius berujar bahwa sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang baru berdiri pada tahun 2000 dan berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2014, Unimor telah berproses dalam melakukan inovasi-inovasi hingga akhirnya memperoleh akreditasi baik sampai saat ini.

“Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di NTT selain Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Unimor kini memiliki 4 fakultas dan 16 program studi yang sudah terakreditasi dengan jumlah dosen sebanyak 305 dosen dimana 26 diantaranya bergelar doktor dan sisanya magister. Selain itu, kami juga memiliki tenaga kependidikan sebanyak 256 orang dengan 8 orang diantaranya bergelar magister,” jelas Aloisius.

Aloisius menambahkan, jumlah mahasiswa yang sedang aktif di Unimor hingga saat ini adalah sebanyak 11.002 mahasiswa. Ia juga berharap agar di SNPMB tahun ini ada tambahan mahasiswa dari MAN Alor yang masuk ke Unimor sehingga jumlah mahasiswa yang aktif akan jauh lebih banyak.

“Mengapa kami harus jauh-jauh terpanggil ke Alor melakukan sosialisasi karena sebaran mahasiswa yang ada di Unimor jauh lebih banyak didominasi oleh mahasiswa dari Pulau Timor yaitu Kefa, Soe, Atambua, Malaka, dan Kupang. Oleh karena seperti itu makanya kami merasa terpanggil ke Alor walaupun dengan pesawat dan kapal laut kesini untuk selain bagaimana menyampaikan proses seleksi nasional pendaftaran mahasiswa baru, kami juga menyelipkan promosi terkait dengan Universitas  Timor yang merupakan salah satu kampus negeri yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur,” tutup Aloisius.

Baca Juga: Dirjen Pendis Ingatkan Pentingnya Keabadian Tulisan

Setelah Paparan dari Alosius, penjelasan lanjutan tentang sistem seleksi SNPMB 2024 disampaikan oleh  Sub Koordinator Bidang Kerja Sama Unimor, Vinsen Dodi Widodo. Dalam paparannya, pria yang akrab disapa Dodi ini menjelaskan bahwa tujuan diadakannya SNPMB adalah membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik, atau non akademik dan prestasi lainnya.

“Jadi adik-adik sekalian, dalam SNPMB tahun ini ada 3 jalur yaitu, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan yang terakhir adalah jalur mandiri atau UTBK,” terang Dodi.

Dodi mengatakan, kuota penerimaan mahasiswa baru dalam SNPMB Unimor tahun ini adalah sebanyak 2.700 mahasiswa. Oleh karenanya itu ia berharap agar dalam proses seleksi SNPMB, para siswa MAN Alor dapat memanfaatkan 3 jalur seleksi itu dengan sebaik mungkin.

“Sosialisasi yang kami lakukan ini merupakan tugas rutin dan harus dilaksanakan oleh seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia karena banyak siswa di sekolah-sekolah yang tidak memahami atau tidak mengerti apa yang harus dilakukan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Karena itu besar harapan kami agar adik-adik bisa memahami materi sosialisasi ini agar bisa mendaftar di Unimor melalui 3 jalur itu. Yang perlu diketahui juga adalah setiap jalur memiliki kuota minimum yaitu untuk SNBP kouta minimumnya 30%, SNBT 40%, dan kuota maksimum untuk jalur mandiri sebanyak 30%,” pungkas Dodi.

Selanjutnya, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) bidang Kesiswaan MAN Alor, Moh. Farhan Apetatu mengungkapkan bahwa kehadiran Tim Sosialisasi dan Promosi Unimor ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi MAN Alor karena mereka mendapatkan informasi pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru Unimor dari Panitia PMB Unimor secara langsung.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Unimor atas sosialisasi ini. Harapannya, siswa kami yang kelas XII dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka. Dengan sosialisasi ini juga diharapkan dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan penting terkait melanjutkan pendidikan tinggi,” ungkap Farhan.

Baca Juga: Presiden Tetapkan Hari-Hari Libur, Ini Daftarnya

Untuk diketahui, Universitas Timor (Unimor) yang berdiri pada tahun 2000 ini punya keunikan tersendiri. Kampus ini berada di daerah perbatasan Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste, tepatnya di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya Unimor merupakan perguruan tinggi swasta. Kemudian di tahun 2014, statusnya diubah menjadi negeri. Sekarang Unimor juga bukan hanya sekadar menjadi lembaga pendidikan tinggi karena kampus ini juga berkomitmen mengantarkan cita-cita masyarakat di perbatasan sesuai dengan nilai Pancasila.

Simak Video di Bawah Ini:

"Podcast MAN Alor: Kiprah Tim Basket MAN Alor di Ajang DBL Cup"

2 komentar:

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.